ANALISIS KEMAMPUAN PEMBUATAN BELAHAN KUMAI SERONG SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Oke Pasrah Zendrato, Flora Hutapea

Abstract


            Penelitian bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kecenderungan Kemampuan Pembuatan Belahan Kumai Serong Siswa Kelas XSMK Negeri 8 Medan, dimana siswa diharapkan mampu membuat belahan kumai serong. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan menggunakan kesepakatan pengamat dan presentase untuk mengetahui Pembuatan Belahan Kumai Serong Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Medan. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X jurusan Tata Busana SMK Negeri 8 Medan terdiri dari 5 kelas berjumlah 156 siswa, dengan sampel yaitu berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil uji kesepakatan pengamat diperoleh Fhit =0,97 dan Ftab = 2,87 pada taraf signifikan 5% dan dk =  4 : 20. Sehingga diketahui Fhit< Ftab(0,97 <2,87).

Dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari lima observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang analisis kemampuan pembuatan belahan kumai serong dapat digunakan untuk menjaring data penelitian. Berdasarkan data hasil pembuatan belahan kumai serong, diperoleh skor rata-rata 28,39 dan standar deviasi 4,71 dengan skor tertinggi 37 dan skor terendah 14, dari 31 orang sampel penelitian didapatkan 12 orang (39%) memperoleh hasil belajar yang paling banyak di kategori cukup. Berdasarkan ketentuan bahwa Mo > Mi yaitu 28,29 > 25 dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pembuatan belahan kumai serong siswa kelas X SMK Negeri 8  Medan dengan tingkat kecenderungan tinggi. 

 

Kata kunci: Kemampuan Pembuatan Belahan Kumai Serong


Full Text:

PDF

References


Arifah, (2013). Defenisi Belahan Busana. Diakses pada 28 Februari 2016 dari http://arifah.blogspot.co.id/20013/03/belahanbusana.html

Arikunto, Suharsini. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bukit, Masriam (2015). Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan. Bandung. Alfabeta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 1. Klaten. Macanan Jaya Cemerlang.

Komarrudin. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Kreitner, Robert (2005). Perilaku Organisasi. Jakarta. Perlindo.

Mulyasa E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminta, WJS (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Porrie. (2007). Dasar-dasar Teknik Jahit Menjahit. Jakarta. Gunung Mulia

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Rifiani, Nisya. (2015). Panduan A-Z Menggambar Pola dan Menjahit Busana. Yogyakarta. Cemerlang Publishing.

Robbin. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta. Perlindo

Soekarno dan Rasmini. (2005). System Kostum Mode dan Tailoring untuk Tingkat Terampil. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung. Tarsito

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Wancik, M.H. (2000). Bina Busana I. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Zain, Muhammad. (2010). Perilaku Manusia. Jakarta. Perlindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.