PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS BERBANTUAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYASISWA SMP KELAS VIII SMP DARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN

Geniung Yan Pratidina, Hotmaria Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran prakarya menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media LKS  pada siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan .2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran prakarya menggunakan model pembelajaran  Practice Rehearsel pairs berbantuan media LKS pada siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Practice Rehearsel Pairs berbantuan media LKS terhadap hasil belajar prakarya siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan

Populasi  adalah siswa kelas VIII SMP Darma Patra Pangkalan Berandan, Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas yaitu Kelas VIII-C yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-D yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dengan jumlah keseluruhan 61  siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu pemilihan sekelompok subyek didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya, dan di dasari atas informasi yang mendahului tentang keadaan populasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar prakarya tanpa  menggunakan metode pembelajaran practice rehearsal pairs berbantuan media LKS pada siswa kelas VIII-C cenderung kurang yaitu 27 siswa ( 84,4 % ), dengannilai rata-rata 24,5 dan simpangan baku 23 dengan nilai tertinggi 32 dan nilai terendah 18. Sedangkan Hasil belajar prakarya menggunakan model pembelajaran practice rehearsal pairs berbantuan media LKS pada siswa kelas VIII-D cenderung tinggi yaitu 28 siswa ( 90,4 % ) , dengan nilai rata-rata 30,4  dan standar deviasi 30,5  dengan nilai tertinggi 36 dan nilai terendah 27. Dan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar prakarya dengan model pembelajaran practice rehearsal pairs pada siswa kelas VIII-C dimana nilai thitung > ttabel atau 3,9 > 1,6

Kata Kunci : Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pair Berbantuan Media LKS, Prakarya

Full Text:

PDF

References


Abdul Haris dan Jihad. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan, Gugun. Mengolah Sampah Menjadi Uang: Panduan Mengeruk Keuntungan dari Bisnis Pengolahan Sampah. Jakarta: Tans Media Pustaka

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Haryati. (2007). Model dan Teknik Penilaian. Jakarta:Gaung Persada Pers Jakarta.

Khotimah, Khusnul dkk. (2015). Pengaruh Metode Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Tugumulyo Tahun Pelajaran 2014/2015. Lubuklinggau: STKIP-PGRI Journal

Paresti, Suci,dkk. (2014). Buku Panduan Prakarya Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Silberman, Mel. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:Yappendis

Sudjana. (2001). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito


Refbacks

  • There are currently no refbacks.