PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA DEWASA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAGUBOTI

Efani Reflesia Pane, Ermidawati Ermidawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar Menggambar Proporsi siswa kelas X yang memiliki minat belajar tinggi di belajarkan menggunakan media video tutorial siswa SMK Negeri 1 Laguboti. 2) hasil belajar Menggambar Proporsi siswa kelas X yang memiliki minat belajar rendah di belajarkan menggunakan media video tutorial siswa SMK Negeri 1 Laguboti. 3) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Menggambar Proporsi siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode komparatif. populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 3 kelas dengan jumlah 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel total  sebanyak 72 siswa. instrumen penelitian hasil belajar di jaring melalui lembar pengamatan dan untuk menjaring data minat belajar melalui angket minat belajar.

Hasil Belajar Menggambar Busana siswa  kelas X yang memiliki minat belajar tinggi di belajarkan menggunakan media video tutorial, diperoleh skor rata-rata = 87,47 dan simpangan baku (5,04). hasil belajar Menggambar Busana siswa kelas X yang memiliki minat belajar rendah, diperoleh nilai (80,25) dan SD (5,88). Tingkat kecenderungan hasil belajar menggambar Busana siswa kelas X yang memiliki minat belajar tinggi digunakan nilai (Mi)  27,5 dan standar deviasi ideal (SDi) = 5,5. Tingkat kecenderungan data Hasil belajar Menggambar Busana siswa kelas X yang memiliki minat belajar rendah digunakan nilai rata-rata ideal (Mi) = 27,5 dan standar deviasi ideal (SDi) = 5,5.

Data hasil belajar Menggambar Busana siswa kelas X yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah yang dibelajarkan menggunakan media video tutorial lebih besar dari nilai Ltabel yaitu 0,081 dan 0,059 lebih besar dari 0,148. harga Fhitung sebesar 1,36 dan harga Ftabel (35:35) dengan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,76. Oleh karena Fhitung < Ftabel dimana Fhitung  (1,36) < Ftabel (1,76) maka kedua kelas dinyatakan homogen. hasil perhitungan uji t diperoleh harga thitung = 5,597. Jika dibandingkan dengan ttabel  pada dk = 70 yaitu sebesar 1,672. Maka nilai thitung > ttabel atau 5,597 > 1,672, yang artinya bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh harga thitung = 5,597. Jika dibandingkan dengan ttabel  pada dk = 70 yaitu sebesar 1,672. Maka nilai thitung > ttabel atau 5,597 > 1,672, yang artinya bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima.

 

Kata Kunci: Proporsi, Tubuh, Wanita

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. jakarta:Rineka cipta

Arsyad,Azar.2013.Media Pembelajaran. Jakarta: rajawali pers

Slameto.2013.Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhi.jakarta: Rieka cipta

Hamalik,oemar.2010.Proses Belajar Mengajar.jakarta: PT bumi aksara

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar.bandung:CV pustaka setia

Idayanti.2015.Ilustrasi, Desain, Pola Dan Menjahit Bahan.jogjakarta:araksa

Djaali.2012.Psikologi Pendidikan.jakarta: bumi aksara

Susilana,2009.Media Pembelajaran: CV wacana Prima

Sardiman 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali press

Muhibbin,Syah. 2011.Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Abdurahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.jakarta: Rineka Cipta

Watanabe, naoki.2009.Contemporary Fashion Illustration Techniques.singapur: Kaki Bukit Rech Park Ii

Erika Farida.2012.Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Computer Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2012/2013.Medan: UNIMED

Nira Elpira. 2015.Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD.uny:jurnal

Kursus Menjahit.2013.Menggambar Busana Pada Proporsi.diakses pada tanggal20 april 2016.

Http://kursusjahityogya.blogspot.co.id/2015/03/ml.hlml

Herminegara.2013. Fungsi Dan Manfaat Media Pembelajaran.diakses pada tanggal. 20 april 2016. https:// herminegari. wordpress. com/ perkuliahan/ fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran

Risanti.2010.Anatomi Tubuh Untuk Desain. Diakses pada tanggal 21 april 2016. http:/anaarisanti.blogspot.co.id/2012/12/anatomi-tubuh-untuk-desain.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.