HUBUNGAN PENGETAHUAN MENGHIAS BUSANA DENGAN HASIL BELAJAR HIASAN SULAM PITA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK PENCAWAN MEDAN

Erina Wati Gea, Rasita Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kecenderungan Pengetahuan Menghias Busana (2) untuk mengetahui kecenderungan Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita (3) untuk mengetahui Hubungan yang signifikan antara Pengetahuan Menghias Busana Dengan Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita Pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan berjumlah 23 siswa.

Data penelitian ini dijaring melalui tes untuk variabel Pengetahuan Menghias Busana. Validitas test Pengetahuan Menghias Busana diuji dengan rumus korelasi point biserial dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5%, sehingga diketahui dari 40 soal tes objektif yang disusun, ada 37 soal dinyatakan valid. Reliabilitas test Pengetahuan Menghias Busana diuji dengan rumus kudder-Richarson (KR-20), dari hasil perhitungan diperoleh koefisien reliabilitas test sebesar 0,908. Sedangkan untuk data Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita data dijaring melalui lembar pengamatan. Berdasarakan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 115, diperoleh Ftabel = 2,45, sehingga diketahui Fo < Ft (2,276 < 2,45).

Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Menghias Busana cenderung tinggi, sedangkan Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan cenderung tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan korelasi Rank Spearman diketahui terdapat hubungan antara Pengetahuan Menghias Busana dengan Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita Pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan, rxy sebesar 0,521, dimana rhitung > rtabel (0,466 > 0,413). Dengan demikian Pengetahuan Menghias Busana yang tinggi akan memberikan hubungan yang signifikan pada Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita oleh Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan.

 

Kata Kunci : Pengetahuan Menghias Busana, Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita

Full Text:

PDF

References


Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan pada bab IV, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan memiliki Pengetahuan Menghias Busana cenderung tinggi.

Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan memiliki Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita cenderung tinggi.

Dari hasil analisis diketahui bahwa Pengetahuan Menghias Busana memiliki hubungan sebesar rxy = 0,466 dengan Hasil Belajar Hiasan Sulam Pita Pada Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Pencawan Medan yang dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 5% pada n = 23, rtabel = 0,417. maka rxy > rtabel yaitu 0,466 > 0,417. Berarti ada Hubungan yang signifikan antara ubahan X dan Y.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

_______________(2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Chodijah (2002). Prinsip-Prinsip Desain Hiasan. (online).

http://okrek.blogspot.co.id/2009/11/pengertian-desain-hiasan-dari-buku.html.

Ernawati,dkk.(2008). Tata Busana Jilid 2. Direktorat Pembinaan sekolah menengah Kejuruan : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

___________(2008). Tata Busana Jilid 3. Direktorat Pembinaan sekolah menengah Kejuruan : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Irianto, Agus.(2010). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Kencana.

Khayati, Enny Zuhni.(2008). PPT Elearning II Pola Motif Hiasan Busana dan Teknik Penyajian Desain IKIP .Yogyakarta.

Kamisa, (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : Cahaya Agency Surabaya.

Keraf, Sonny dan Dua, Mikhael (2001). Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta : Kanisius.

Mahanani, Chytra. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Pembuatan Hiasan Busana Dengan Teknik Sulam Pita Pada Busana Dalam Bentuk Macromedia Flash Di Smk Pius X Magelang. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2010) Metode Penelitian Kesehatan, edisi revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Pudji.(2007). Kreasi Ragam Hias Busana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rosa, Amelia.(2008). Pengertian Sulam Pita. Diakses pada tanggal ‎19 April ‎2016, ‏‎17:00:25.dari http://lemonsangat.blogspot.co.id/2012/07/pengertian-sulam-pita.html

Santoso.(2010).Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya : Pustaka Agung Harapan.

Setyosari, Punaji (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D.Bandung. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.