PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Nur Hasanah Hasanah

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pemanfaatan sumber belajar dengan melihat aspek fisik, mental, dan emosional melalui penerapan pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) serta bersifat kolaboratif. Penelitian berlangsung di SDN 036 Balai Jaya.Subyek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 33 orang dan 1 guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan pencermatan dokumen, yang diamati berupa kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hasil akhir penelitian yang diperoleh yaitu pada siklus I aktivitas fisik 84,08%, aktivitas mental 94,59%, dan aktivitas emosional 94,59%. Pada siklus II aktivitas fisik 93,09%, aktivitas mental 91,89%, dan aktivitas emosional 97,29%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik.

 

Kata Kunci:pembelajaran tematik, aktivitas belajar, sumber belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.