PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA

Ayu Kurniasih, Magdalena Sirait, Romaida Karo Karo

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif word square pada mata pelajaran IPA materi gaya terdapat di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 33 orang siswa. Data diperoleh dengan tes tertulis sebanyak 20 soal dan melakukan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilihat dari berapa persen tingkat keberhasilan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data siklus I terdapat 16 orang siswa (48,50 %) yang tergolong hasil belajarnya tidak tuntas nilainya < 65, dan 17 orang siswa (51,50 %) yang hasil belajarnya tuntas. Setelah dilakukan siklus II diperoleh data terdapat 1 orang siswa (3,03 %) yang hasil belajarnya rendah atau tidak tuntas, dan sebanyak 32 orang siswa (96,97 %) yang tergolong hasil belajarnya tuntas. Pembelajaran kooperatif tipe word square ini dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar IPA dikelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia di Medan.

 

Kata kunci : pembelajaran kooperatif, word square, hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.