UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI AKTIVITAS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV MIN MEDAN TEMBUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Syarifah Aini, Athiyyah Zahrah Al Fananie

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar sebelum menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS Materi Aktivitas Ekonomi di kelas IV MIN Medan Tembung, (2) hasil belajar setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi di kelas IV MIN Medan Tembung, dan (3) Penerapan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Medan Tembung. Penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian berjumlah 35 siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: (1) hasil belajar siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 71,42, siswa yang tuntas sebanyak 34,29% (12 siswa). (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada siklus I nilai rata-rata menjadi 77,72 siswa yang tuntas sebanyak 62,86% (22 siswa). (3) hasil belajar siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82 siswa yang tuntas sebanyak 80% (28 siswa).

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.