FILM ADIT DAN SOPO JARWO TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KURNIA ASY SYIFA LUBUK BUAYA PADANG

Dwi Fatmaniati Siregar, Nurhalimah Siahaan, Zakiah Assidiki

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh adit dan sopo jarwo terhadap kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Kurnia Asy Syifa Lubuk Buaya Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah TK Kurnia Asy Syifa Lubuk Buaya Padang , berjumlah 30 orang anak terbagi dalam 2 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya Cluster Sampilng, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing-masingnya mempunyai jumlah anak yang sama dan kemampuan yang sama. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah78,1 dan SD sebesar 8,11 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 68,5 dan SD sebesar 6,59. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,766 dan ttabel sebesar 2,048 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 28. Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan film aditdansopojarwomemiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan film diva series. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas tersebut.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan film adit dan sopo jarwo memberi pengaruh yang lebih besar terhadap kemampuan bercerita anak di Tanam Kanak-kanak Kurnia Asy Syifa Lubuk Buaya Padang di bandingkan dengan menggunakan film diva series.

 

Kata kunci: Film, Adit Sopo dan Jarwo,Kemampuan, Bercerita

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.