PENERAPAN METODECOMPUTER AIDED INSTRUCTION (CAI) PADA APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MULTIMEDIA
Abstract
Abstrak
Pemanfaatan komputer sebagai sarana pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang sangat positif, perkembangan teknologi pembelajaran juga memiliki sifat yang interaktif. Para guru dapat menyulut minat anak-anak terhadap pembelajaran lewat penyertaan foto-foto, video, danaplikasi pembelajaran dalam bentuk slide misalnya menggunakan dengan Power Point.Disamping itu pula perlu adanya sebuah aplikasi tambahan berupa aplikasi pembelajaran berbasis multimedia yang dirancang menggunakan konsep metode CAI.Computer Aided Instruction (CAI) merupakan berbagai ragam informasi dalam cara pembelajaran. Komputer sebagai media akan lebih banyak membantu siswa menemukan hal-hal baru yang lebih menarik dibanding dengan cara-cara konvensional yang berpusat pada guru. Walaupun sudah diketahui bahwa cara-cara belajar dan mengajar, serta perolehan informasi pembelajaran tiap individu yang berbeda. Banyak teori-teori belajar yang berupaya menguraikan cara belajar tiap individu. Kebanyakan teori ini mengidentifikasikan menggunakan alat pelaga komputer sebagai atribut-atribut pembelajaran.Uraian tentang pembelajaran tematik, ada orang yang belajar lebih suka dengan membaca, ada yang lebih baik mendengar, ada juga yang lebih suka belajar melalui perantara guru. Semua orang mempunyai tingkat berfikir yang berbeda-beda yang mungkin memotivasi atau sebaliknya mendemotivasi cara belajar. Seseorang mungkin akan perlu berbantuan komputer untuk mengakses bahan-bahan pembelajaran. supaya belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.
Kata Kunci: Multimedia, Tematik, Computer Aided Instruction (CAI)
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 119 timesPDF - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.