PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KECENDERUNGAN BULLYING PADA SD PADAMU NEGERI MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh positif teman sebaya terhadap kecenderungan perilaku bullying pada siswa SD serta pengaruh negative teman sebaya terhadap kecenderungan perilaku bullying pada siswa SD. Beberapa factor yang diyakini menjadi penyebab terjadinya perilaku bullying di sekolah antara lain adalah factor kepribadian, komunikasi interpersonal yang dibangundengan orang tuanya, peran teman kelompok dengan teman sebaya dan iklim sekolah. Hasil analisis data menggunakan rumus regresi sederhana yang diperoleh nilai koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,726 atau 72,6 %, yang berarti 72,6% perilaku I bullying siswa di pengaruhi oleh teman sebaya. Berdasarkan analisis data, maka dapat diketahui bahwa F hitung sebesar 121,871 dengan taraf signifikansi 0,001.Oleh karena probabilitas (0,001) jauh lebih kecil dari 0,05 ( dalam kasus ini menggunakan taraf signifikansi atau α = 5%), maka model regresi bisa dipakai untuk memprediksi perilaku bullying. Dengan pedoman jika sig <0,05dan t-hitung ≥t-tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil kategorisasi skor subjek pada skala perilaku bullying diatas, dapat diketahui bahwa sebanyak 8 orang (15,5%) memiliki perilaku bullying yang tinggi, 26 orang atau 50% berperilaku bullying sedang, 14 orang atau 26,2 % berperilaku bullying rendah dan sebanyak 2 orang atau 7,8% memilikiperilaku bullying sangat rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa SD Padamu Negeri Medan hanya memiliki perilaku bullying yang sedang saja.
Kata Kunci :PengaruhTemanSebaya, Perilaku Bullying
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 64 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.