PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 18 MEDAN

Sri Wahyuni Sihombing, Budi Halomoan Siregar

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada mata pelajaran matematika yaitu teorema pythagoras. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 medan T.A. 2017/2018 yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh direduksi dengan mengelompokkan kemudian mengorganisasikannya sehingga diperoleh informasi yang bermakna. Setelah direduksi, kmudian data dipaparkan secara sederhana dalam bentuk paparan naratif, grafik, dan tabel yang bertujuan untuk menggambarkan secara jelas mengenai proses dan hasil tindakan. Paparan informasi yang didapat kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan yang digunakan dan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah menerapkan pendekatan matematika realistik pada materi teorema pythagoras.

Kata kunci: pendekatan matematika realistik, PTK, teorema pythagoras.

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to improve students' mathematical problem solving by applying realistic mathematical approach topythagoras theorem material. The study was conducted to 40 students of class VIII SMP Negeri 18 Medan, in the academic year 2017/2018. The type of research is classroom action research (PTK). Data obtained through observation and test. Data analysis technique is done through three stages, namely data reduction, descriptive data, and conclusion. Then, the data obtained is reduced by grouping and then organizing it to obtain meaningful information. After data is reduced, then the data is described in the form of narrative, graphic, and table exposures. It aims to illustrate clearly the process and outcome of the action. The information obtained is then compared with the success indicators used and then the conclusion is drawn. The results of this study indicate an increase in problem solving skills of mathematics students after applying a realistic mathematical approach on the material theorem pythagoras.

Keywords:realistic mathematical approach, CAR, pythagoras theorem


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.