ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa jurusan pendidikan Matematika dalam penyelesaian soal-soal Trigonometri sebagai prasyarat Analisis Kompleks, dan penyebab terjadinya kesalahan keterampilan, kesalahan konsep dan kesalahan prinsip yang dilakukan mahasiswa program studi Pendidikan Matematika dalam penyelesaian soal-soal pada matakuliah Analisis Kompleks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan dan mengadakan komparasi jenis-jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal Trigonometri sebagai prasyarat Analisis Kompleks. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang mengambil matakuliah Analisis Kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kesalahan yang dilakukan mahasiswa prodi Pendidikan Matematika dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri yang menjadi prasyarat Analisis Kompleks adalah kesalahan prinsip 11,8%, diikuti kesalahan keterampilan 20,7% dan kesalahan konsep 27,5%. Penyebab terjadinya kesalahan tersebut diatas dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri yang menjadi prasyarat Analisis Kompleks adalah mahasiswa tidak bisa mengingat rumus yang akan digunakan, kurang cermat dalam menjawab soal sehingga jadi salah, kurang teliti dalam menjawab soal, tidak ada persiapan menghadapi tes, tidak ingat lagi cara penyelesaian soal tersebut dan tidak cukup waktu dalam mengikuti tes.
KataKunci : Analisis Kompleks,Analisis Kesalahan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 165 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.