TANGGAPAN GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP MASALAH PEMBELAJARAN SASTRA DAN UPAYA MENGATASINYA DI SMP WIRA KARYA MANDIRI TANJUNG SELAMAT

Susi Yanti Br Sinuraya

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi problematika guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran sastra di SMP Wira Karya Mandiri Tanjung Selamat dan (2) mendeskripsikan tanggapan guru Bahasa Indonesia dalam upaya mengatasi problem pembelajaran sastra di SMP Kabupaten Sukoharjo. Data dalam penelitian ini adalah informasi yang diperoleh dari guru Bahasa Indonesia, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Wira Karya Mandiri Tanjung Anom. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dilanjutkan proses wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data model analisis interaktif. Hasil yang diperoleh yaitu: (1) hanya berorientasi pada teks, (2) hanya bersifat teori, (3) keterbatasan waktu dalam proses diskusi, (4) peserta didik tidak tertarik dengan pembelajaran sastra, (5) pengetahuan sastra terbatas, (6) motivasi belajar rendah, (7) rasa malas berkarya sendiri, (8) kreativitas dan minat baca kurang, (9) anggapan bahwa sastra tidak penting, (10) tidak adanya ujian praktik.

Kata Kunci: Tanggapan, Guru Bahasa Indonesia, Masalah Pembelajaran Sastra,Upaya mengatasi SMP.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 676 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.