UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA

Putri Melly Andani Marbun, Rusmaliyah Rusmaliyah, Annisa Suci Lestari

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 050702 Kecamatan Secanggang, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 30 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Alat pengumpul datanya adalah tes pilihan berganda. Analisis data yang digunakan adalah pelaksanaan pembelajaran ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari analisis data yang diperoleh, ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 75, secara klasikal meningkat 23,71% dari 70% menjadi 86,6% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 12,44% dari 72,3 menjadi 81,3%. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 050702 Kecamatan Secanggang.

Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi, IPA.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.