EFEKTIFITASSTRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA DI SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran tematik terhadap hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang dilaksanakan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 60 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling, dengan memilih sampel secara acak, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Sebelum penelitian dilakukan maka peneliti melakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda.Berdasarkan analisis data kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran tematik memperoleh nilai pretest X = 42,38, S2 = 114,97 dan SD = 10,72, dan nilai post test X = 80,17, S2 = 1130,14 dan S = 11,30, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 89%. Hasil analisis data kelas kontrol diperoleh X = 41, S2 = 110,91 dan S = 10,53, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 46%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan perolehan diperoleh thitung> ttabel yaitu 5,226 > 2,002. Hal ini berarti terdapat pengaruh strategi pembelajaran tematik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri di Medan.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Tematik,Pelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 72 timesPDF - 63 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.