PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBERIKAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK KERAGAMAN SOSIAL DI KELAS VISD NEGERI 101610 PURBABANGUN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksankan untuk mengeksplorasi tingkat perbedaan dalam hasil dari siswa di kelas belajar menggunakan keterampilan guru memberikan efek untuk memperkuat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode komparatif.Subyek penelitiannya adalah semua siswa kelas VISD Negeri 101610 Purbabangun sebanyak 192 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Populasi sampel ditentukan menggunakan gugusteknik sampel, yaitu sampel ditetapkan. Jadi sampel dalam penelitian ini seluruh kelas VI-Edengan total 40 orang. Penelitian ini menggunkan dua teknik, yaituanalisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan perhitungan keragaman sosial perbedaan dalam pembelajaran keluar datang dengan subyek keterampilan guru memberikan efek untuk memperkuat pembelajaran memperoleh koefisien di 0,577. Kemudian dengan df oleh 48 di tingkat signifikan sebesar 5% ditemukan t tabel oleh 0,320. Berdasarkan nilai > t tabel (0,577>0,320), dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Ini berarti bahwa ada perbedaan antara hasil keterampilan guru memberikan efek kepada penguatan siswa belajar.
Kata kunci: Keterampilan guru,hasil belajar,keragaman sosial
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 99 timesPDF - 69 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.