PENERAPAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2015

Risma Sitohang, Bronika Septiani Sianturi

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPS dengan menerapkan metode penemuan (discovery) dengan materi pokok pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester satu yang berjumlah 31 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data melalui tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa dari ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal pada tes awal sebesar 35,48% atau sebesar 11 orang mendapatkan nilai dalam kategori tuntas, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,35. Pada siklus I, diperoleh peningkatan menjadi 58,06% atau 18 orang mahasiswa mendapatkan nilai tuntas dengan nilai rata-rata 73.71. Pada siklus II diperoleh 87,1% atau 27 orang mahasiswa termasuk tuntas dan nilai rata-rata kelas 83,06.

Kata Kunci: metode discovery, hasil belajar IPS


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.