REFLEKSI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENUJU INDONESIA EMAS TAHUN 2045

Elvi Mailani

Abstract


 

Abstrak

 

Refleksi yang dilakukan dalam proses pembelajaran dan magang pada prinsipnya merupakan kegiatan untuk melihat pencapaian mahasiswa dalam hal peningkatan kompetensi guru. Refleksi dapat dilakukan secara tertulis maupun secara lisan yang kemudian didiskusikan dengan Dosen Mata Kuliah, Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong untuk mengkaji dan memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa ketika mengajar di kelas. Melalui refleksi mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang didapatnya dibangku perkuliahan kemudian mempraktekkannya sesuai dengan konteks yang dihadapi dilapangan. Melalui kegiatan refleksi akan didapat kan calon guru yang ideal berdasarkan empat kompetensi yang harus dikuasai guru, demokratis, memberikan pelayanan yang menyenangkan danberkualitas, serta mau menerima kritik membangun. Dengan demikian, refleksi dalam pembelajaran dan magang itu sangat penting untuk menjembatani antara teori dan praktek. Selain itu, Dosen Mata Kuliah, Dosen Pembimbing dan Guru Pamong juga dapat memanfaatkan refleksi sebagai wadah self evaluation dan meningkatkan kualitasdiri.

Kata Kunci: Refleksi, Peningkatan, Kompetensi Guru

 

Abstract

 

Reflection done in the learning process and internship in principle is an activity to see student achievement in terms of teacher competence improvement. Reflection can be done in writing or verbally which is then discussed with Lecturer, Field Supervisor and Guru Pamong to study and provide solutions to the problems faced by students when teaching in the classroom. Through reflection students can apply the theory obtained in the lecture then practice it in accordance with the context faced in the field. Through reflection activities will get ideal teacher candidates based on the four competencies that must be mastered by teachers, democratic, provide a fun and quality service, and willing to accept constructive criticism. Thus, reflection in learning and apprenticeship is very important to bridge between theory and practice. In addition, Lecturers, Supervisors and Guru Pamong can also use reflection as a self evaluation container and improve the quality of self.

Keywords: Reflection, Improvement, Teacher Competence


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 744 times
PDF - 716 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.