MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS SD NEGERI 107404 SAMBIREJO TIMUR KEC. PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca puisi melalui metode demonstrasi pada siswa kelas SD. Negeri 107404 Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap berupa perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa sebelum dilakukan siklus I diketahui bahwa kemampuan membaca puisi siswa sangat kurang yaitu rata-rata 18,80%. Setelah dilakukan tindakan siklus I ada peningkatan kemampuan membaca rata-rata siswa sebesar 75%,untuk memperoleh nilai yang diharapkan maka dilakukan tindakan siklus II sehingga ada peningkatan kemampuan membaca sebesar 100%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa yaitu 5 orang yang memperoleh nilai tinggi, 19 orang yang memperoleh nilai sedang. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran membaca puisi menggunakan metode demonstrasi, dapat meningkatkan hasil belajar membaca puisi siswa V SDN 107404 Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstra
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 145 timesPDF - 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.