EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis paragraf eksposisi dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Populasi berjumlah 201 orang. Sampel sebanyak 80 orang, yakni kelas X-1 dan X-2 masing-masing 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes kemampuan menulis paragraf eksposisi berbentuk tulisan/karangan. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali. Dari penelitian diperoleh hasil menulis paragraf eksposisi menggunakan SPPKB memperoleh nilai rata-rata 84,13 sedangkan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 73,75. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata di atas, maka hasil belajar menulis paragraf eksposisi siswa meningkat dengan persentase peningkatan yang signifikan sebesar 14,07%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi.
Kata Kunci: Strategi, Kemampuan Berpikir, Menulis Karangan.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 191 timesPDF - 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.