PEMBELAJARAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS II SD NEGERI COT MEURAJA ACEH BESAR

Herlin Fitria, Vera Sasmita, Melina Br Sembiring

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mengangkat masalah apakah pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi pembagian bilangan di kelas II SD Negeri Cot Meuraja Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi pembagian bilangan melalui pendekatan matematika realistik di kelas II SD Negeri Cot Meuraja Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu seluruh siswa kelas II SD Negeri Cot Meuraja Aceh Besar tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 25 orang, anak laki-laki 14 orang dan anak perempuan 11 orang maka penulis menerapkan seluruh populasi sebagai sampel. Teknik dalam memperoleh data pada penelitian ini dengan menggunakan tes hasil. Diuji dengan menggunakan statistik-t dengan uji pihak kanan. Hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,18 dan ttabel yaitu 1,71. Harga thitung ternyata lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan  0,05 dan dk = 24, yaitu 3,18> 1,71. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima.


Kata kunci: Pembagian Bilangan, Pendekatan Matematika Realistik.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.