MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Elydawati Elydawati, Naeklan Simbolon, Eva Betty Simanjuntak

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada pembelajaran tematik.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104206 Sei Rotan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes hasil belajar. Berdasarkan hasil pre test pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata klasikal 56,2. Perolehan hasil siklus I meningkat menjadi 14 siswa tuntas dengan persentase 56% dan 11 siswa tidak tuntas dengan persentase 44% dengan rata-rata nilai klasikal 68,8. Pada siklus II, ditemukan bahwa hasil belajar siswa terdapat 9 orang siswa tuntas dengan persentase 36% dan belum tuntas 14 siswa dengan persentase 64% dengan rata-rata klasikal 62. Perolehan hasil siklus II meningkat menjadi 22 siswa tuntas dengan persentase 88% dan 3 siswa tidak tuntas dengan persentase 12% dengan rata-rata nilai klasikal 85,8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar tematik dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di sekolh dasar.Dena demikian disarankan kepada guru agar menggunakan model pembelajaran student fasilitator ang explaining dalam pembelajaran tematik.

Kata Kunci: Model pembalajaran, Student, Facilitator, Explaining, tematik


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 724 times
PDF - 307 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.