PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE

Lala Jelita Ananda, Silvia Khairani

Abstract


ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada tema organ gerak hewan dan manusia subtema organ gerak hewan pembelajaran 1 dan 2 kelas V SD Negeri 060877 Medan perjuangan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan sampel dalam adalah seluruh kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA (kelas eksperimen 1) sejumlah 30 orang siswa dan VB (kelas eksperimen 2) sejumlah 30 orang siswa. Dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretest (54,53) dan postest (84,80) sedangkan pada kelas kontrol pretest (54,80) dan postest (71,33) pada taraf signifikan (α = 0,05) kedua kelas berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel yaitu Lhitung (0,157) < Ltabel (0,161), (kelas eksperimen 1) dan Lhitung (0,142) < Ltabel (0,161), (kelas eksperimen 2). Uji homogenitas pada postest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai F(max)< Ftabel yaitu 1,38 < 1,86. Dilakukan uji t pada taraf (α = 0,05) thitung > ttabel yaitu 6,63 > 1,80. Dengan ini membuktikan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here di kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan T.A 2019/2020.
Kata kunci : Problem Solving, Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 219 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot