PENGARUH MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Elvi Mailani, Erfiani Humairah

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media visual tiga dimensi dan siswa yang tidak menggunakan media visual tiga dimensi serta pengaruh media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi volume kubus dan balok. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling. sehingga jumlah sampel diperoleh sebanyak 49 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh hasil belajar siswa yang pada kelas yang menggunakan media visual tiga dimensi pada mata pelajaran matematika materi volume kubus dan balok cenderung tinggi sebesar 50,00%. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan media visual tiga dimensi pada pelajaran matematika materi volume kubus dan balok cenderung cukup sebesar 84,00%. Artinya media visual tiga dimensi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi volume kubus dan balok.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Visual, Tiga Dimensi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.