PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP (MIND MAPPING)TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN ANAK BERBASIS KARAKTER OLEH MAHASISWA JURUSAN PGSD DIK EKS H 2017

Erlinda Simanungkalit, Masta M Sembiring

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Rendah yang salah satunya memahami dan mengajarkan Sastra Anak di SD. Selama ini mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Rendah kurang berminat untuk materi menulis cerita anak, karena menganggap cerita anak itu tidak menarik. Penggunaan model yang tepat juga sangat berpengaruh dalam kelancaran belajar mengajar sehingga tidak dapat memenuhi standar kelulusan Unimed yang telah ditetapkan dalam Satuan Acara Perkuliahan Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Banyak model yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran Peta Pikiran. Untuk mengatasi fenomena tersebut, maka peneliti sebagai dosen pengampu menerapkan model peta pikiran dalam materi menulis cerita anak.. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas Dik EKS H sebanyak 40 orang. Penerapan Model Peta Pikiran pada mahasiswa semester V stambuk 2017 di Jurusan PGSD menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan adalah penugasan dan observasi selama proses belajar mengajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu menjelaskan arah perubahan, peningkatan perubahan, dan pemahaman konsep mahasiswa tentang menulis cerita pendek anak berbasis karakter. Hasil penelitian adalah sebelum melaksakan Siklus pembelajaran maka dilakukan tes awal untuk mendeteksi masalah-masalah mahasiswa diperoleh nilai rata-rata 69,3. Setelah dilakukan pretes selanjutnya dilakukan Siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Peta Pikiran. Pelaksanaan pembelajaran dengan model ini mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 84,7. Hasil tersebut dianggap kurang memuaskan maka dilanjutkan siklus II diajar dengan menerapkan model pembelajaran Peta Pikiran dan mendapat nilai rata-rata 91,8 dikatagorikan sangat kompeten. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan simpulan bahwa model pembelajaran Peta Pikiran dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen anak berbasis karakter mahasiswa di Jurusan PGSD 2017.

Kata Kunci: Model, Peta Pikiran, Cerpen, Anak, Karakter


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.