GURU LITERASI (TEACHERS OF LITERACY): PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS DRTA SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN GENERASI LITERAT ABAD 21 DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Faisal Faisal, Stelly Martha Lova

Abstract



Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran membaca berupa silabus dan RPP berbasis strategi DRTA (Direct Reading Thinking Activity) sebagai upaya membangun generasi literat di kelas V Sekolah Dasar (SD). Telah diketahui bersama bahwa kajian literasi merupakan salah satu bagian dari kebijakan implementasi kurikulum 2013 sesuai tuntutan abad 21 di SD. Kebijakan ini mengisyaratkan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan selama ini belum mampu mengadopsi proses pembelajaran literasi secara optimal. Terdapat tiga syarat utama yang diperhatikan dalam penelitian pengembangan yang dilakukan, antara lain: validitas, praktikalitas, dan efektivitas desain pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran membaca yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran membaca di kelas V SD. Dengan demikian, penggunaan desain pembelajaran berbasis DRTA dalam pembelajaran membaca layak untuk dipertimbangkan sebagai upaya membangun generasi literat sesuai tuntutan abad 21 di kelas V SD.

Kata kunci: desain pembelajaran, membaca, strategi DRTA, generasi literat,
abad 21, SD


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.