IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS INQUIRY PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains mahasiswa melalui penggunaan lembar kerja berbasis inquiry pada mata kuliah konsep dasar IPA. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 39 orang. Pelaksanaan penelitian diawali dengan kegiatan observasi keterampilan proses sains pada proses praktikum menggunakan lembar observasi pada kegiatan praktikum IPA topik pengukuran. Setiap kelompok melakukan kegiatan praktikum menggunakan lembar kerja berbasis inquiry dengan tahapan perencanaan, mengungkapkan kembali, proses, menciptakan, bertukar pendapat dan evaluasi. Analisis didasarkan pada jawaban mahasiswa pada instrumen tes keterampilan proses sains yang memiliki realibilitas 0,67. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa mahasiswa memiliki keterampilan proses sains yang sedang. Hasil tes keterampilan proses sains dari setiap aspek diperoleh keterampilan klasifikasi (73,2%), merencanakan percobaan penelitian (76,67%), komunikasi (84,6%), interpretasi (67%), menerapkan konsep/prinsip (52%), dan keterampilan memprediksi (57,75%). Aspek paling tinggi diperoleh pada aspek komunikasi, mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil praktikum yang telah dilakukan. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran konsep dasar IPA sangat baik.
Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Lembar Kerja Berbasis Inquiry, Konsep Dasar IPA
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 274 timesPDF - 143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.