Peningkatan Hasil Belajar dan Kecakapan Sosial Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di Kelas IV SDN 060843 Medan TA 2019/2020

Husna Parluhutan Tambunan, Nani Barorah Nasution, Mahrani Fitri Siregar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kecakapan sosial siswa, dan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Lerning). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes hasil belajar, angket kecakapan sosial siswa, dan observasi penggunaan model pembelajaran berbasis maslaah (Problem Based Lerning). Analisis data untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar dan kecakapan sosial siswa dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Lerning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rerata perolehan nilai siswa untuk penilaian kognitif,afektif dan psikomotorik terjadi peningkatan. Pada siklus I rata-rata siswa untuk ketiga penilaian tersebut adalah 2,31, kemudian pada siklus II rata-rata siswa untuk ketiga penilaian tersebut adalah. 3,20. Terjadi peningkatan sebesar 2,96% untuk penilaian hasil belajar siswa. Untuk kecakapan sosial siswa juga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Untuk indikator “bekerja sama dengan teman yang lain” meningkat menjadi 66,67% menjadi 86,67%; “mengendalikan emosi” meningkat dari 76,67% menjadi 80%; “berinteraksi dengan teman lain” meningkat dari 60% menjadi 87,67%; “mengelola konflik ” meningkat dari 76,67% menjadi 93,33%; “toleransi” meningkat dari 73,33% menjadi 86,67%; “membudayakan sikap sportif dan disiplin” meningkat dari 70% menjadi 80%; “mendengarkan teman yang lain” meningkat dari 63,33% menjadi 80%; “berkomunikasi dengan teman lain” meningkat dari 73,33% menjadi 80%; dan indikator “memimpin” meningkat dari 70% menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan kecakapan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) kelas IV SDN 060843 Medan.

Kata kunci : problem based learning,hasil belajar, dan kecakapan sosial


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.