PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBERIAN TUGAS MINI RISET KEPADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING UNIMED

Lidia Simanihuruk, Akden Simanihuruk

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Bimbingan Konseling Unimed terhadap pemberian tugas mini riset. Untuk memperoleh tujuan penelitian ini maka dipakai jenis penelitian deskriptif dalam bentuk survei. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah 84 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan di Jurusan Bimbingan Konseling stambuk 2019 dengan rincian sebagai berikut : kelas Reguler yang berjumlah 28 orang, Regular B 2019 yang berjumlah 26 orang dan kelas Regular C 2019 yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan beberapa tahap yaitu : reduksi data, penyajian data dan klarifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu : mahasiswa kesulitan mencari sekolah untuk dijadikan tempat observasi (41,67%), mahasiswa memberikan solusi dengan cara menghapuskan KKNI terhadap kesulitannya dalam mengerjakan tugas mini riset (21,43%), mahasiswa masih sangat jarang bertanya kepada dosen mengenai tugas mini riset yang diberikan (34,52%), mahasiswa lebih banyak menemukan referensi di perpustakaan (46,43%), sebagian besar dosen sudah memberikan feedback terhadap tugas mini riset yang telah dikerjakan oleh mahasiswa59,52%), manfaat terbesar yang dirasakan oleh mahasiswa adalah menambah wawasan/pengetahuan dan pengalaman (39,29%).
Kata Kunci : Tugas, Mini Riset, KKNI


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.