PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERPEN BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH PINEM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil uji guru dan ahli mengenai produk pengembangan materi cerpen bermuatan kearifan lokal kelas VII, (2) keterpakaian pengembangan materi ajar cerpen bermuatan kearifan lokal bagi guru dan siswa, (3) Hasil belajar menulis cerpen dengan pengembangan materi cerpen bermutaan kearifan lokal dapat dikuasai oleh siswa SMP kelas VII. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Metode ini digunakan karena mengembangkan bahan ajar bahasa indonesia siswa kelas VII SMP pokok bahasan teks cerita pendek mengangkat tema-tema lokal. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Pinem yang terletak di Kutabuluh, Kec. Tanah Pinem dengan rata-rata jumlah siswa 38 orang untuk uji coba dan 2 orang guru sebagai observer. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrurnen yang digunakan dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu: (1) Instrumen validasi buku ajar cerpen bermuatan kearifan lokal dan LAS, (2) Instrumen tes hasil belajar, dan (3) lembar pengamatan. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) hasil uji guru dan ahli mengenai produk pengembangan bahan ajar dan LAS materi cerpen bermuatan kearifan lokal kelas VII mendapat hasil yang sangat baik dan hasil validasi LAS memperoleh skor yang sangat baik. (2) Keterpakaian pengembangan bahan jar cerpen bermuatan kearifan lokal dan LAS bagi guru dan juga sangat baik. Hasil pengamatan terhadap siswa mengenai keterpakaian buku ajar dan LAS bahwa sebagian besar siswa sudah merasa senang terhadap kegiatan belajar mengajar, yaitu 50 % senang dan 36,85 % sangat senang. (3) Berdasarkan uji coba pembelajaran menggunakan buku ajar dan LAS cerpen bermuatan kearifan lokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi membangun teks cerpen. Hasil tes awal diketahui rata-rata pretest kelas kontrol 63,25 dan skor rata-rata posttest sebesar 66,69 yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 3,44. Selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest pada kelas kontrol 5,44%. Hasil kelompok eksprimen diketahui skor rata-rata pretest 60,79 dan skor rata-rata posttest sebesar 76,26 yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 15,47. Selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest lebih besar kelas eksprimen dengan 25,45%.
Kata Kunci : Bahan Pembelajaran, Cerpen, Kearifan Lokal
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 241 timesPDF - 116 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.