PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH KEC. PERCUT SEI TUAN T.A. 2019/2020

Efrienti Yustina Sinaga, Nurhairani Nurhairani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pra eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 30 siswa dengan sampel penelitian adalah total sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-paired sampel. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh diperoleh 57,04 sehingga dapat simpulkan bahwa model pembelajaran visual, auditory dan kinestetik memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil observasi keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VAK secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik.

Kata kunci: Berpikir Kritis; Model Pembelajaran VAK


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.