SENI RUPA ANAK YANG MENG-HUMANIS

Putra A Friadi, Sri Mustika Aulia

Abstract


ABSTRAK


Pendidikan seni yang humanis adalah pendidikan seni yang menuntut anak agar berkembang menurut apa yang dimilikinya. Pendidikan Seni memberikan pelatihan penalaran secara konkrit namun diimplementasikan dan disimulasikan dalam bentuk karya visual dua maupun tiga dimensi. Kondisi ini tidak disadari oleh orang tua maupun guru, ketidaktahuan terhadap proses edukasi dalam pendidikan seni membuat hasil pembelajaran mempunyai nurturant effect yang tidak diinginkan. Dilihat dari segi perkembangan pikiran dan perasaan, anak usia 12 sampai dengan 14 tahun adalah masa pertumbuhan intelektual; kondisi ini memberi inspirasi bagi pengembangan cara pandang dan visi anak ke depan. Oleh karenanya keterampilan dan kemapuan tangan (skill orderlines) harus semakin diperhatikan karena kebutuhan praktis yang segera akan digunakan dalam berkehidupannya pasca lulus. Maka dari itu diperlukan metode yang tepat sejak anak berumur 4-6 tahun agar penerapan seni sebagai media dapat berjalan dengan baik, dengan begitu anakpun menjadi lebih terlihat perkembangannya. Salah satunya adalah dengan AMT (Approach – Method and Technique) dalam Pembelajaran Seni.

Kata kunci: Pendidikan, Seni, Humanis


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 486 times
PDF - 656 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.