KAJIAN MENGENAI PENTINGNYA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN ORIENTASI KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Rospita Silaban, Mauliadi Mauliadi

Abstract


ABSTRAK

Hambatan dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan bahan evaluasi guru dalam memperbaiki proses pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkombinasikan permainan dalam proses pembelajaran terutama dalam mempelajari matematika (etnomatematika). Namun, tanpa disadari banyak permainan tradisional yang dimainkan sehari-hari (kontekstual) terdapat konsep matematika di dalamnya. Apabila permainan tradisional tersebut diimplementasikan dalam pembelajaran. Maka, hendaknya mampu membuat siswa belajar dengan pengalamannya sendiri dan menjadikan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kajian ini bertujuan untuk memberikan pandangan mengenai pentingnya implementasi pembelajaran dengan orientasi kontekstual berbasis etnomatematika. Dalam kajian ini, penulis menggunakan metode studi kepustakaan. Berdasarkan referensi yang ada dan diperkuat oleh beberapa jurnal yang relevan pengimplementasian pembelajaran dengan orientasi kontekstual berbasis etnomatematika sangat penting diterapkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam mempelajari matematika. Selain menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Implementasi pembelajaran seperti ini secara tidak langsung mempermudah siswa dalam mempelajari konsep matematika. Hal ini dikarenakan, implementasi pembelajaran yang digunakan menggunakan konsep permainan tradisional yang dikombinasikan dengan matematika (etnomatematika) yang sering dilihat, dilakukan dan dimainkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual).

Kata Kunci : Etnomatematika, Implementasi, Kontekstual


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.