PEMBELAJARAN IPA SD BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MENJAWAB TUNTUTAN PEMBELAJARAN DI ABAD 21

Fahrur Rozi, Citra Bahadur Hanum

Abstract


ABSTRAK

Masyarakat dengan kecakapan sesuai dengan kebutuhan zaman dapat memberi ruang dan melebarkan jalan untuk berbagai sektor kehidupan. Melalui pembekalan berpikir kritis tingkat tinggi (high order thinking skills) dapat mencapai kapabilitas atau kemampuan sesuai dengan harapan perkembangan zaman.
Tujuan dalam kajian ini adalah mengetahui tentang pengertian, karakteristik, indikator, proses pembelajaran dan penyusunan soal Higher Order Tinking Skills (HOTS)atau ketrampilan berpikir tingkat tinggi, dan pembelajaran HOTS menjawab tuntutan pembelajaran di abad 21.
Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS mengarah kepada suatu pelatihan aide pada saat proses menganalisis, mengevaluasi, sampai kepada tahap memberikan penilaian terhadap ide atau fakta yang ditemukan bahkan dengan harapan mampu menciptakan sesuatu dari suatu karya yang telah diobservasi.
Pembelajaran abad 21 secara sederhana diartikan sebagai pembelajaran yang memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik, yaitu 4C yang meliputi: (1) Communication (2) Collaboration, (3) Critical Thinking and problem solving, dan (4) Creative and Innovative. Berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Krathwoll dan Anderson, kemampuan yang perlu dicapai siswa dikategorikan iHOTS (Higher Order Thinking Skills), yaitu C-5 (mengevaluasi), dan C-6 (mengkreasi). Untuk mewujudkan pembelajaran abad 21 dan HOTS, guru harus memiliki keterampilan proses yang baik dalam pembelajaran. Keterampian proses dapat diartikan sebagai keterampilan guru dalam menyajikan pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran  berpusat kepada siswa (student center), dan merangsang siswa untuk menyelesaikan masalah. Peran guru dalam PBM bukan hanya sebagai sumber belajar, tapi juga sebagai fasilitator.

Kata kunci: HOTS, IPA SD, Pembelajaran Abad 21


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.