IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERBASIS MASALAH DENGAN TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KERATIVITAS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN STARTEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) DI PGSD FIP UNIMED.TA. 2017/2018.

Sorta Simanjuntak, Wesli Silalahi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul: Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Tipe Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Dalam pembelajaran SBM di PGSD FIP Unmed. Bertolak dari kerangka teoritis dan fakta empiris yang telah dikemukakan maka masalah utama penelitian ini adalah: “Apakah Pendekatan Berbasis Masalah dengan tipe Creative Problem Solving (CPS) dapat Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Dalam pembelajaran SBM di PGSD FIP Unmed. Tujuannya adalah untuk: 1) meningkatakan Kreativitas mahasiswa melalui tipe Creative Problem Solving (CPS) pembejaran SBM; 2) melaksanakan pendekatan Berbasis Masalah dengan tipe Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran SBM; 3)mengetahui kreativitas mahasiswa sebelum dan setelah tipe Creative Problem Solving (CPS) dilaksanakan dalam pembelajaran, dan (4) menguji perubahan kreatif mahasiswa secara statistik.
Subjek pada penelitian ini dibatasi hanya kelas A Reg dengan ukuran n: 35 orang.
Objeknya adalah mata kuliah strategi belajar mengajar (SBM) yang mereka ikuti pada semester ganjil. Ta. 2017/2018. Untuk mencapai tujuan, peneliti ini, maka dilakukan pengunpulan data melalui angket dan lembar obsevasi. Masing-masing alat mempunyai empat pilihan degan mengunakan skala likert.Teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dan dilanjutkan pada uji .signifikansi perubahan kreativitas .Dengan target penelitian: ≥ 85% mahasiswa mampu menyatakan indikasi kreatif ≥ 75% dalam pembelajaran SBM.
Setelah dilakukan analisis data, secara deskriptif: menyatakan bahwa kreativitas mahasiswa meningkat dengan rerata nilai sebelum tindakan: tergolong sedang nilai 2,28; setelah tindakan I: tergolong baik nilai 2,92; dan setelah tindakan II tergolong sangat baik nilai 3,33. Uji perubahan kreativitas menunjukkan: data I nilai : 3,84 pada :menyatakan ditolak dan terima .;pengujian data II menunjukkan: nilai hit: 4,92 > dengan dan terima . Secara statistik perubahan kreativitas tersebut dinyatakan signifikan dengan kepercayaan 95%.
Pembelajaran dengan tipe creative probem solving semakin dinamis dan efektif. Hal ini dibuktikan, tindakan I rerata nilainya 2,79; kategori baik dan setelah tindakan II nilai 3,34 kategori sangat baik. Demikian juga data observasi pembelajaran CPS oleh setelah tindakan I tergolong baik nilai 2,71, setelah tindakan II tergolong sangat baik nilai 3,32.; dan kemampuan dosen mengkondisikan dan melakukan pembelajaran setelah tindakan I tergolong baik nilai 2,70, setelah tindakan II tergolong sangat baik nilai 3,35.  Disimpulkan Pendekatan berbasis masalah dengan tipe creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran SBM di PGSD akhir kegiatan semua temuan penelitian ini dimuat dalam laporan penelitian.

Kata kunci: kerativitas , pendekatan berbasis masalah tipe creatif problem solving dan dan pembelajaran SBM


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.