Gaya Belajar Kinestetik Berbasis Musik untuk Mengembangkan Kepekaan Ritmik pada Siswa Kelas Rendah

Sri Mustika Aulia, Try Wahyu Purnomo, Putra Afriadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini diberi judul gaya belajar kinenstetik berbasis Eurhytmics untuk mengembangkan kepekaan ritmik pada siswa kelas rendah. Judul ini diangkat karena pentingnya pembelajaran ritmik untuk pengenalan musik awal anak kelas rendah. Karena anak dalam kelas rendah akan mengalami banyak perkembangan, salah satunya adalah perkembangan motorik anak, dan ritmik adalah unsur awal musik yang harus diketahui oleh anak. Penelitian ini menggunakan metode action research dengan dilakukan dua siklus selama pembelajaran. Hasil dari pembelajaran anak yang pada awalnya kesulitan untuk mengaplikasikan ritme sederhana dengan menggunakan anggota tubuh yaitu kaki, dan tangan mengalami perkembangan yang signifikan pada pembelajaran eurthytmics dengan anggota tubuh dan juga alat musik. Pembelajaran juga menggunakan metode tutor sebaya, anak yang lebih unggul memabantu anak yang belum menguasai materi. Hasil pembelajaran didapat dengan menggunakan gerakan dalam pembelajaran ritmik. Anak lebih cepat memahami materi yang diberikan.

Kata kunci : anak usia dini, Eurhytmics, action research


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.