Peningkatan Kreativitas Menggambar Melalui Model Explicit Intruction Pada Siswa Kelas IV SDN Wanasari 12 Cibitung

Try Wahyu Purnomo, Masta Ginting, Rizki Nanda Putri

Abstract


ABSTRAK

Kreativitas menggambar merupakan kemampuan peserta didik untuk menciptakan sebuah karya seni gambar yang diungkapkan dalam media kertas. Gambar yang dihasilkan merupakan tiruan objek, bentuk ataupun fantasi dan hasil imajinasi peserta didik yang lengkap dengan garis, bidang, warna, serta tekstur sederhana. Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa kelas IV SDN Wanasari Cibitung dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction dimana peserta didik distimulus untuk dapat memahami tahapan pengembangan konsep ide dan gagasan yang dituangkan dalam media seni menggambar dan mewarnai.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 26 siswa dengan rincian 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila dalam kelas 80% atau lebih dari jumlah siswa memperoleh nilai rata-rata 75 dan rata-rata aktivitas siswa adalah 75 % atau lebih dari jumlah siswa denhan kriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa pada siklus I dalam kategori cukup baik sedangkan pada siklus II dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil perolehan nilai rata-rata sebelum prasiklus adalah 37,9 dengan tingkat ketuntasan 6 %. Kemudian pada siklus I nilai rata-rata adalah 57,35 dengan tingkat ketuntasan 32%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 88, 48 dengan tingkat ketuntasan 85%
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode explicit instruction dapat meningkatkan kreativitas siswa melalui penciptaan seni menggambar dengan tema yang lebih bervariatif, selain itu dalam mewarnai peserta didik juga dapat melakukan teknik gradasi warna sebagai salah satu pengembangan teknik dasar dalam mewarnai.

Kata kunci: Kreativitas, Menggambar, Explicit Instruction


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.