Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016-2017
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Dari observasi dapat diketahui bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 68,65 dengan persentase ketuntasan 50% di mana jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 13 orang dari jumlah seluruh siswa sebanyak 26 orang. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dimana perolehan nilai rata-rata mencapai 80,57 dengan persentase ketuntasan 92,35% dimana jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 24 orang dari jumlah seluruh siswa sebanyak 26 orang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih paham mengikuti pembelajaran IPA melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri
Keywords
Hasil Belajar; Pembelajaran Inkuiri; IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10401
Article Metrics
Abstract view : 435 timesPDF - 542 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.