Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Menggunakan Multimedia Pembelajaran Sistem Tata Surya pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2016/2017

Lambue Ritonga

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penggunaan multimedia. Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus, masing-masing 2 pertemuan. Pada observasi awal diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh 64,7 dengan ketuntasan 41,2%. Pada Siklus I nilai rata-rata mencapai 75,6 dengan ketuntasan 70,6%. Dan pada  siklus II nilai rata-rata yang mencapai 82,6 dengan ketuntasan 85,3%. Aktivitas belajar siswa selama proses belajar-mengajar juga terjadi peningkatan. Pada Siklus I pertemuan 1 keaktifan belajar siswa pada kategori kurang (37,5%), dan pada pertemuan 2 masih kategori kurang (50%). Pada Siklus II pertemuan 1 keaktifan belajar siswa pada kategori cukup (68,75%), dan pada pertemuan 2 kategori baik sekali (93,75%). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Multimedia di kelas IX-4 SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan baik hasil belajar IPA maupun aktivitas belajar siswa

Keywords


Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Multimedia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10407

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 511 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.