Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dalam Melaksanakan Tugas Melalui Penerapan Reward di SD Negeri 050745 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017

Rosdiana Rosdiana

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan guru. Subjek penelitian adalah 12 guru SD Negeri 050745 Berandan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kedisiplinan guru mengalami peningkatan setiap harinya. Pada hari Senin (1) persentase kesiplinan guru adalah sebesar 33% dan pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 100%.  Pada hari ke dua berturut-turut peningkatannya adalah 47% siklus awal, 50% siklus I dan 83% siklus II. Pada hari ke tiga berturut-turut 42% siklus awal, 75% siklus I dan 92% siklus II. Pada hari ke empat berturut-turut adalah 33% siklus awal, 58% siklus I, dan 82% siklus II. Kemudian pada hari ke lima persentase kedidiplinan guru berturut-turut adalah 25% siklus awal, 41,6% siklus I dan 75% siklus II dan pada hari ke enam 33% siklus awal, 67% siklus I dan 83% siklus II. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat bahwa dengan menerapkan Reward, kedisiplinan dalam melaksanakan tugas oleh Guru-guru SD Negeri 050745 angkalan Berandan akan mengalami peningkatan.


Keywords


Kedisiplinan, reward

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10409

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF - 1253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.