Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas VII SMP Negeri 1 Selesai

Lasmaria Napitupulu

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidkan Agama Kristen (PAK) melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil pengamatan terhadap motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal itu terlihat pada siklus awal  kategori Cukup, pada Siklus I kategori Baik, dan pada Siklus II kategori Sangat Baik. Sejalan dengan itu, hasil belajar siswa juga meningkat mulai dari pra-Siklus rata-rata skor 58 dengan ketuntasan sebesar 20%, pada Siklus I skor 78 dengan ketuntasan sebesar 70% dan pada Siklus II menjadi 87 dengan ketuntasan 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran CTL pada mata pelajaran PAK motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat.

Keywords


Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13385

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.