Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bilangan Berpangkat dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Numbered-Heads-Together pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Gebang

Erni Seriati M

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi bilangan berpangkat dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IX-4, yang terdiri dari 2 siklus. Dari hasil tes pada pra-Siklus nilai rata-rata 66,25 dengan ketuntasan 31,25%. Pada Siklus I nilai rata-rata 72,5 dengan ketuntasan 56,25%, dan pada Siklus II nilai rata-rata 82,5 dengan ketuntasan 81,25%. Selain itu aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih paham mengikuti pelajaran matematika dengan mengunakan metode pembelajaran NHT. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi bilangan berpangkat pada siswa kelas IX-4 SMP Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2017-2018.

Keywords


Hasil belajar matematika, Numbered-Heads-Together

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13400

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.