Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di SMP Negeri 2 Stabat Tahun Pelajaran 2017-2018
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua Siklus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Hasil penelitian membuktikan bahwa pada Siklus I nilai rata-rata 71,92 dengan ketuntasan 50% dan pada Siklus II nilai rata-rata 80,38 dengan ketuntasan 80,76%. Hasil observasi menunjukkan bahwa setelah belajar mengajar dengan model pembelajaran TPS, siswa menjadi lebih penuh perhatian, aktif, lebih bahagia dan menarik minat siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Hasil Belajar, Think-Pair-Share
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13403
Article Metrics
Abstract view : 104 timesPDF - 1169 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.