Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di SMP Negeri 2 Stabat Tahun Pelajaran 2017-2018

Yunisamah Gulvira

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua Siklus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Hasil penelitian membuktikan bahwa pada Siklus I nilai rata-rata 71,92 dengan ketuntasan 50% dan pada Siklus II nilai rata-rata 80,38 dengan ketuntasan 80,76%. Hasil observasi menunjukkan bahwa setelah belajar mengajar dengan model pembelajaran TPS, siswa menjadi lebih penuh perhatian, aktif, lebih bahagia dan menarik minat siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Think-Pair-Share

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13403

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 1160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.