Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Diskusi Kelompok pada Materi Operasi Bilangan Pecahan di SMP Negeri 1 Gebang

Adelina Nur Lubis

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran diskusi kelompok pada materi operasi bilangan pecahan. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat pertemuan dengan subjek 32 siswa. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes. Setelah diterapkannya Diskusi Kelompok hasil pengetahuan siswa terhadap operasi bilangan pecahan bertambah, siswa berani mengungkapkan pendapat, siswa mampu berkomunikasi dan bekerjasama antar anggota kelompok dan siswa mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi operasi bilangan pecahan. Skor nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 72,65 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 56,25% dan skor nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 80,31 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 84,37%. Hasil observasi menunjukkan bahwa melalui Diskusi Kelompok siswa menjadi lebih penuh perhatian, aktif, percaya diri dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika

Keywords


Diskusi Kelompok, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13406

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF - 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.