Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Materi Konsep Keterbatasan Manusia Melalui Metode Kerja Kelompok di SD Negeri 050748 Pangakalan Berandan Tahun Pelajaran 2016-2017

Ramai Ginting

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Pelajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa sebanyak 3 orang dimana siswa laki-laki sebanyak 2 orang dan siswa perempuan sebanyak 1 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kerja Kelompok. Dalam penelitian ini ada dua macam data yang digunakan, yaitu data kualitatif yaitu data yang diperoleh melalui observasi dan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh melalui tes. Setelah diterapkannya metode Kerja Kelompok hasil belajar Pendidikan Agama Kristen mengalami peningkatan khususnya pada materi Konsep Keterbatasan Manusia. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari perolehan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75 dengan persentase ketuntasan 66,66% dan pada siklus II nilai sebesar 91,66 dengan persentase ketuntasan 100%. Hasil observasi menunjukkan bahwa melalui metode kerja kelompok siswa menjadi lebih penuh perhatian, aktif, percaya diri dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Keywords


Hasil Belajar, Kerja Kelompok

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13408

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 844 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.