MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 1 GEBANG TAHUN 2017-2018

Ernita Br Tarigan

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gebang Semester Dua Tahun Pelajaran 2017-2018. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil pengamatan di lapangan dalam lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kedisiplinan siswa pada siklus awal masih sangat rendah dengan kategori cukup dengan persentase kelas sebesar 35,3%.  Kemudian pada Siklus I, persentase perolehan siswa sebesar 56,5% dan mendapatkan kategori baik dan Siklus II  meningkat menjadi 87,5% dengan kategori Sangat Baik. Hasil ini disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas melalui penerapan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII-3 mengalami peningkatan

Keywords


kedisiplinan siswa, layanan bimbingan kelompok

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.