MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI SORT CARD PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GEBANG TAHUN 2017-2018

Authors

  • Hotmian Hotmian SMP Negeri 1 Gebang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13413

Keywords:

Sort Card, keakftifan belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terutama dalam materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) materi sifat-sifat gereja pada 20 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gebang melalui penerapan metode Card Sort. Data diperoleh melalui pengamatan and tes. Hasil pengamatan pada Siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 45% kategori Kurang, dan pada Siklus II sebesar 73% dengan kategori Baik. Sementara, pada pra-Siklus rata-rata hasil belajar PAK siswa masih rendah yaitu 66,5 dengan ketuntasan belajar 30%. Pada Siklus I, rata-rata 75,5 dengan ketuntasan 50%; dan pada Siklus II, mencapai 86,5 dengan ketuntasan 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Sort Card keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat

Downloads

Published

2018-12-30