MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI SORT CARD PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GEBANG TAHUN 2017-2018
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terutama dalam materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) materi sifat-sifat gereja pada 20 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gebang melalui penerapan metode Card Sort. Data diperoleh melalui pengamatan and tes. Hasil pengamatan pada Siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 45% kategori Kurang, dan pada Siklus II sebesar 73% dengan kategori Baik. Sementara, pada pra-Siklus rata-rata hasil belajar PAK siswa masih rendah yaitu 66,5 dengan ketuntasan belajar 30%. Pada Siklus I, rata-rata 75,5 dengan ketuntasan 50%; dan pada Siklus II, mencapai 86,5 dengan ketuntasan 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Sort Card keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat
Keywords
Sort Card, keakftifan belajar, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13413
Article Metrics
Abstract view : 354 timesPDF - 1862 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.