MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 1 GEBANG TAHUN 2017-2018

Lenia Sitompul

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai perencanaan karir menggunakan media gambar pada kelas IX-1 berjumlah 30 siswa SMP Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2017-2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Data dikumpulkan dengan lembar observasi.  Berdasarkan hasil pengamatan awal, pemahaman siswa mengenai perencanaan karir masih sangat sempit dan sedikit. Pemahaman siswa sebesar 36% dengan kategori Cukup. Kemudian pada Siklus I, pemahaman siswa mulai berkembang sebesar 59% dengan kategori Baik. Pada Siklus II meningkat sebesar 86% dengan kategori Sangat Baik. Disimpulkan bahwa pemahaman perencanaan karir melalui bimbingan karir di sekolah dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2017-2018 dapat mengalami peningkatan

Keywords


Perencanaan karir, Bimbingan karir, Media gambar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.