MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 BABALAN TAHUN PELAJARAN 2018/19

Henny Romauli

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan sikap belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Babalan Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penilaian sikap belajar siswa pada Siklus awal sebesar 40% dengan kategori cukup. Pada Siklus I menjadi 60% dengan kategori baik dan pada Siklus II meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian terhadap hasil belajar siswa pada Siklus awal rata-rata perolehannya adalah 67,3 dengan ketuntasan 47%. Pada Siklus I menjadi 75,8 dengan ketuntasan 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,1 dengan ketuntasan sebesar 89%. Dapat disimpulkan bahwa sikap belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Babalan Tahun Pelajaran 2018-2019 mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran TTW

Keywords


Sikap belajar, Hasil belajar, Think Talk Write

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13417

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.