THE IMPLEMENTATION OF THINK PAIR SHARE MODEL IN INCREASING THE STUDENTS’ ABILITY IN COMPREHENDING NARRATIVE TEXT AT SMK NEGERI 1 KUTALIMBARU

Susiash Susiash

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menemukan penerapan model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman teks Naratif di SMK Negeri 1 Kutalimbaru. Subjek penelitian seluruh siswa kelas X-Mekatronika SMK Negeri 1 Kutalimbaru berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, masing-masing 2 pertemuan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari panduan interviu, lembar observasi, tes pilihan berganda dan catatan haian. Berdasarkan hasil interviu dan observasi ditemukan bahwa siswa tertarik dengan penerapan model TPS dalam memahami bacaan teks Naratif karena mereka dapat belajar bersama tetapi secara individu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan guru. Skor tes meningkat pada setiap tes. Pada pre-tes hanya 5,56% (2 siswa) memperoleh skor > 69. Pada Siklus I, 52,78 % (19 siswa) memperoleh skor > 69. Pada Siklus II, 80,56 % (29 siswa) memperoleh skor > 69. Data dianalisis menggunakan formula t-tes. Ditemukan bahwa t-hitung = 7,59 and t-tabel dengan jumlah subjek (N= 36) and a = 0,05 adalah 2,03. Ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Oleh karena itu, penerapan model TPS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks Naratif di SMK Negeri 1 Kutalimbaru.

Keywords


Think Pair Share, kemampuan siswa, pemahaman teks Naratif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.